Prodi Gizi IKH Medan Beri Edukasi Gizi dan Penilaian Status Gizi Pada Remaja di SMK Swasta Taman 1 TR Galang, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara

      Komentar Dinonaktifkan pada Prodi Gizi IKH Medan Beri Edukasi Gizi dan Penilaian Status Gizi Pada Remaja di SMK Swasta Taman 1 TR Galang, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara

Masa remaja merupakan jalan panjang yang menjembatani periode kehidupan anak dan dewasa, yang berawal pada usia 9-10 tahun dan berakhir di usia 18 tahun. Pada periode ini berbagai perubahan terjadi baik perubahan hormonal, fisik, psikologis maupun sosial. Status gizi remaja merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia, jika kekurangan akan menyebabkan efek yang sangat serius seperti kegagalan pertumbuhan fisik serta tidak optimalnya perkembangan dan kecerdasan. Masalah gizi yang muncul pada masa remaja disebabkan oleh pola konsumsi yang tidak baik, yakni ketidakseimbangan antara konsumsi (intake) dengan kecukupan gizi yang dianjurkan. Masalah gizi yang dapat terjadi pada remaja adalah gizi kurang (underweight), obesitas (overweight) dan anemia.

Banyak remaja yang belum mengetahui pentingnya mengetahui status gizi mereka dan bagaimana menentukan status gizi. Oleh karena itu Dosen dari Prodi S1 Gizi melakukan kegiatan pengabdian Masyarakat di sekolah SMK Swasta Taman Siswa 2 BM Galang. Dalam kegiatan ini Dosen melakukan penyuluhan pentingnya gizi di usia remaja dan bagaimana melakukan penilaian status gizi agar remaja mengetahui status gizinya dan pentingnya mengetahui status gizi dan mempertahankan kondisi status gizi baik.

Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan edukasi gizi serta penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan kemudian menghitung IMT. Setelah itu siswa akan diberitahu status gizinya agar siswa lebih memperhatikan status gizi dan kesehatannya demi kehidupannya di masa dewasa nanti. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2024. Kegiatan akan dilakukan mulai pukul 10.00 sampai dengan selesai. Dalam kegiatan ini juga merupakan bagian dari sosialisasi dan promosi Program Studi S1 Gizi IKH.